PERNYATAAN SIKAP PW PII JAWA TIMUR TERHADAP KONDISI BANGSA INDONESIA PASCA PEMILU 2019

“Dan berpegang teguhlah kamu semua kepada tali (agama) Allah dan jangan kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepada kamu ketika kamu dahulu bermusuh-musuhan, maka Allah menjinakkan antara hatimu lalu menjadikan kamu (karena nikmat Allah) bersaudara, dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu agar kamu mendapat petunjuk.”

(Q.S. Ali-Imran [3]: 103)

Berdasarkan ayat diatas, bahwa dalam rangka menciptakan suatu perjuangan yang utuh, hendaklah saling menghargai dan tidak saling membenci. Oleh karena itu, Pelajar Islam Indonesia (PII) dalam
setiap kebijakannya tidak apriori memihak salah satu atau beberapa organisasi manapun juga, tetapi akan senantiasa berpihak pada Islam dan Ummat Islam.

Sehubungan dengan kondisi bangsa Indonesia pasca Pemilu 2019, berkaitan dengan banyaknya kasus kematian petugas KPPS di lapangan, dan kejadian pasca pengumuman hasil Pemilu yang berdampak pada kerusuhan pada tanggal 22 Mei 2019 di Jakarta dan beberapa daerah lain di Indonesia.

Maka sesuai dengan Khitthah Perjuangan PII dan Pernyataan Sikap yang telah dikeluarkan oleh PB PII pada tanggal 22 Ramadhan 1440 Hijriyah/27 Mei 2019, dengan ini Pengurus Wilayah Pelajar Islam Indonesia (PW PII) Jawa Timur menyatakan sikap sebagai berikut:

1. PW PII Jawa Timur turut berbela sungkawa atas banyaknya korban jiwa yang jatuh akibat penyelenggaraan Pemilu 2019.

2. PW PII Jawa Timur tidak memihak kepada salah satu calon pasangan Presiden dan Wakil Presiden serta partai politik tertentu.

3. PW PII Jawa Timur mendesak kepada pemerintah dan aparat penegak hukum untuk menjalankan aturan hukum sesuai dengan konstitusi yang berlaku dengan prinsip keadilan dan dijiwai dengan rasa kejujuran yang tinggi.

4. PW PII Jawa Timur menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk kembali bergandengan tangan, saling menghargai, menjaga persatuan dan kesatuan, serta menahan diri dari tindakan-tindakan yang bisa memecah belah keutuhan bangsa.

5. PW PII Jawa Timur menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia agar sama-sama mendoakan yang terbaik untuk kedamaian dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Demikian pernyataan sikap PW PII Jawa Timur, agar dapat digunakan sebagaimana mestinya

Selengkapnya bisa diunduh PERNYATAAN SIKAP PII PASCA PEMILU 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *